Kamis, 27 Maret 2014

BAB I & II CONTOH TUGAS AHIR "EVALUASI SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB PADA PT CAPELLA DINAMIK NUSANTARA"

BAB I
PENDAHULUAN
1.        LATAR BELAKANG
              Perkembangan zaman yang pesat menuntut perusahaan yang ada saat ini harus memiliki keunggulan dalam menjalankan proses bisnisnya agar tetap bertahan dalam dunia bisnis, oleh karena itu saat ini banyak perusahaan yang mulai memanfaatkan sistem dan teknologi informasi sebagai komponen utama dalam mencapai keunggulan dalam berkompetisi dalam bisnis. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Sistem informasi manajemen menitik beratkan pada informasi untuk suatu keputusan terstruktur atau informasi yang dapat diantisipasi. Hal tersebut mungkin tampak sederhana, tetapi sebenarnya menyediakan informasi untuk membantu manajer-manajer dalam membuat dan memutuskan keputusan-keputusan terkait pekerjaan yang sangat sulit dan kompleks. Sistem informasi manajemen memainkan peranan penting dalam penyusunan rencana strategis, pembuatan keputusan, dan pengontrolan kegiatan-kegiatan untuk dapat mengukur tingkat keberhasilannya.
              Perencanaan strategi sistem dan teknologi informasi adalah gabungan dari aktivitas pengembangan sistem dan teknologi informasi serta perencanaan strategi bisnis sehingga menghasilkan perpaduan yang sangat menguntungkan untuk meningkatkan proses bisnis dan kegiatan secara keseluruhan dari perusahaan tersebut. Dengan penerapan sistem dan teknologi informasi yang baik, maka akan menghasilkan informasi yang tepat dan cepat, sehingga akan membantu para manajer dalam memasarkan produk dan menentukan strategi-strategi bisnis yang tepat dan cepat untuk mencapai visi dan misi perusahaan dengan cara menyediakan informasi-informasi yang dibutuhkan
              Dari semua pengembangan teknologi sistem informasi dewasa ini, satu sistem informasi yang didesain untuk mendukung keseluruhan unit fungsional dari perusahaan adalah penggunaan Sistem Informasi Oprasional Perusahaan berbasis Internet di PT. CDN(Capella Dinamik Nusantara). Sistem Informasi oprasional perusahaan berbasis internet adalah salah satu jenis sistem informasi yang menggunakan jaringan Local Area Network yang dapat digunakan membantu pengolahan data yang tepat dan efektif.
              Dari hasil pengamatan di Capella Dinamik Nusantara, dengan adanya sistem informasi berbasis web ini dapat disimpulkan bahwa perusahaan ini harus bisa menerapkan sistem informasi opreasional perusahaan yang mendukung pengelolahan sumberdaya manusia, aktifitas-aktifitas pekerjaan agar lebih bauk efektif dan saling terintragasi, dan untuk mengahasilkan produkifitas yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan.
              PT Astra Honda Motor adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang perakitan dan disrtribusi sepeda motor dengan merek Honda. Sistem informasi oprasional perusahaan berbasis internet terdapat fungsi untuk menunjang kinerja para karyawannya dalam penjualan yaitu meliputi : fungsi informasi, fungsi komunikasi, fungsi pembelajaran, fungsi interface link.
              CDN sendiri juga memiliki sistem informasi berbasis web untuk penjualan dengan mememudahkan konsemen mengaakses dimanapun mereka berada tanpa harus datang ke showroom, dalam : mendapatkan informasi mengenai CDN dan alamat sales office, informasi mengenai produk yang diinginkan, harga terbaru, diskond yang dipromosikan, unit yang tersedia, unit terbaru yang akan masuk kepasaran, iven-iven yang akan diakan, berita-berita, majalah, dan rubrik seputar sepeda motor honda. Dan fungsi data juga tersedia sebagai tempat penyimpanan data-data peusahaan dan foto-foto kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh CDN.
              Berdasarkan uraian tersebut maka penulis tertarik dan termotivasi untuk menganalisa sistem informasi tersebut sebagai bahan penelitian dalam TA ini yang berjudul “EVALUASI SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB PADA PT CAPELLA DINAMIK NUSANTARA”.
1.2    Identifikasi Masalah
              Berdasarkan latar belakang masalah diatas, Penulis mencoba mengindentifikasi masalah berupa manfaat sistem informasi.

1.2.1   Rumusan Masalah :
1.         Sejauh mana fungsi Web pada  perusahaan PT.CDN dan untuk konsumen
2.         Bagaimana penggunaan web ini terhadap proses oprasional penjualan sepeda motor pada PT.CDN
3.        Seberapa banyak konsumen yang mengujungi web tersebut dibandaingkan dengan konsume yang datang langsung ke sales office untuk mendapatkan informasi mengenai sepeda motor yang diinginkan.
1.2.2   Batasan Masalah
            Agar dalam penelitian TA ini tidak terlalu luas ruang lingkup objeknya maka penulis membatasi penelitian ini hanya kepada aplikasi dalam proses penyebaran informasi atau dokumen penting dari perusahaan ke karyawan atau sebaliknya.
1.3    Maksud dan Tujuan Penelitian
              Maksud dari penyusunan dan penulisan TA ini adalah untuk memperoleh data dan infomasi mengenai penggunaan web pada perusahaan PT.CDN kinerja karyawan dalam mencapai target penjualan dan bagi konsumen dalam mendapatkan informasi yang diperlukan, serta menerapkan ilmu yang telah penulis proleh.
              Sedangkan tujuan dari penulisan TA ini adalah mengetahui sejauh mana peranan web pada Perusahaan PT.CDN terhadap karyawan dan konsumen.




1.4    Kerangak Pemikiran dan hipotesis
Dalam rangka mewujudkan peran sisitem inforamsi internet secara optimal kepada karyawan dengan kualitas dan kuantitas serta pelayanan yang memadai, maka tuntutan untuk meningkatkan profesionalisme manajemen tidak dapat diellakan.
Asumsi bahwa berdampak terhadap produktifitas kinerja karyawan pada CDN (capella Dinamik Nusantara) dapat dilihat dan didasarkan dari proses dan hasil kerja karyawan dalam menggunakan sistem informasi perusahaan berbasis internet  dan dapat dilihat dari banyaknya konsumen yang berpartisipasi pada sistem informasi berbasis internet yang disediakan.
1.4.1        Hipotesis
              Menurut Umi Narimawati (2007:59), yang dimaksud dengan Hipotesis adalah merupakan ungkapan  berupa jawaban sementara atas masalah penelitian yang diturunkan dari kerangka pemikiran.
Berdasarkan uraian kerangka pemikiran diatas, maka peneliti menarik hipotesis bahwa “internet sangat berperan penting atau berguna terhadap produktifitas kinerja karyawan dan konsumen”.
1.7. Lokasi dan Jadwal Penelitian
              Penulis melakukan penelitian TA pada Capella Dinamik Nusantara yang beralamat di Jln. Teuku Daud bereuh Banda Aceh.





BAB II
TINJAUAN KEPUSTAKAAN
2.1 Evaluasi Sistem Informasi
2.1.1 Pengertian  Sistem
Menurut Prof.Dr.Mr.S. Prajudi Atmosudirdjo (1979) yang dikutip oleh Drs. Moekijat (1986) sistem adalah sebagai berikut :
Sistem adalah setiap sesuatu yang terdiri atas obyek-obyek, atau unsur-unsur, atau komponen-komponen yang bertata-kaitan dan bertata-hubungan satu sama lain sedemikian rupa sehingga unsur-unsur tersebut merupakan suatu kesatuan pemrosesan atau pengolahan tertentu.
Dalam Kamus Administrasi Perkantoran yang dikutip oleh The Liang Gie (1979) adalah :
Sistem adalah suatu rangkaian prosedur yang telah merupakan suatu kebulatan untuk melaksanakan sesuatu fungsi.
Sistem berdasarkan The Encyclopedia of Management adalah suatu susunan yang teratur dari kegiatan-kegiatan yang saling tergantung dan prosedur-prosedur yang berhubungan, yang melaksanakan dan memudahkan pelaksanaan kegiatan utama dari suatu organisasi.
Jadi, sistem adalah suatu komponen-komponen jaringan kerja yang saling berkaitan, berhubungan, dan bergantung satu sama lain yang melaksanakan dan memudahkan pelaksanaan kegiatan utama dari suatu organisasi.




2. 1.2  Pengertian Informasi
Menurut Gordon B. Davis yang dikutip oleh Moekijat (1986) adalah sebagai berikut :
Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata atau yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang.
Informasi menurut George R. Terry (1962) yang dikutip oleh Moekijat (1986) adalah sebagai berikut :
Informasi adalah data yang penting yang memberikan pengetahuan yang berguna.
Jadi, informasi adalah data penting yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang memberikan pengetahuan yang berguna.
Kualitas informasi yang baik (Jogiyanto HM,1995:8) adalah :
a.         Akurat
Informasi harus bebas dari kesalahan dan tidak bisa atau menyesatkan serta harus menjamin kemungkinan banyak terjadi gangguan atau noise yang dapat mengubah informasi tersebut.
b.         Tepat Waktu
Informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah using tidak akan mempunyai nilai karena informasi merupakan landasan dalam pengambilan keputusan. Jika penambilan keputusan terlambat maka akan berakibat fatal terhadap organisasi.
c.         Relevan
Informasi tersebut sangat mempunyai manfaat bagi yang memerlukan. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang atau bagian yang satu dengan yang lainnya adalah berbeda.



2.1.3  Sistem Informasi
Sistem informasi didefinisikan oleh Robert A. Leicth dan Roscoe Davis (1983) yang dikutip oleh Jogiyanto HM (1995) sebagai berikut :
Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Sistem informasi terdiri dari 5 sumber daya yang dikenal sebagai komponen sisitem informasi (Agus Mulyanto,2009:31) yaitu:
a.      Manusia
      Manusia mengambil peranan penting bagi sistem informasi. Manusia dibutuhkan untuk mengoprasikan sistem informasi. Sumber daya manusia dapat dibedakan menjadi dua yaitu penggunaaan akhir dan pakar sistem informasi.
b.      Perangkat Lunak(software)
            Program merupakan sekumpulan intruksi/perintah dari pengguna sumber data sedangkan prosedur dalam sekumpulan aturan yang digunakan untuk mewujudkan proses pengolahan informasi dan mengoprasikan perintah bagi pengguna informasi.
c.      Data
            Data dapat berupa teks, gambar, audio maupun video. Sumber data bukan hanya sekedar bahan baku untuk memasukan sebuah informas sistem informasi manajemen melainkan sebagai dasar membentuk sumberdaya organisasi.


d.    Jaringan
            Media komunikasi yang menghubungkan komputer, pemrosesan informasi, dan peralatan lainnya serta dikendalikan melalui software komunikasi, sumber daya jarinagn dapat berupa kabel nic/lan, seluler, modem,dll.
            Kelima komponen tersebut memainkan peranan ayang sangat penting dalam sesuatu sistem informasi manajemen.

2.1.4 Manajemen
Manajemen dapat dipandang baik sebagai proses maupun sebagai orang dikatakan bahwa manajemen adalah :
a.         Proses penggunaan sumber daya efektif untuk mencapai sasaran.
b.         Pejabat pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya instansi atau organisasi.

2.2 SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB
            Waktu merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam pengolahan informasi, maka harus digunakan alat-alat untuk mempercepat jalannya pengolahan informasi tersebut, yang tentunya memerlukan suatu prosedur pengolahan, serta para staf yang mampu melaksanakan seluruh tahapan pengolahan informasi, mulai dari perekaman data, pengumpulan data, pemasukan data, perhitungan-perhitungan sampai pada pembuatan laporan/informasi yang diinginkan, sehingga bisa menghasilakan data yang informative. Semakin sedikit waktu yang digunakan dalam pengolahan data maka akan semakin efisien, baik dalam hal waktu, biaya maupun tenaga.


2.2.1 Pengertian Web/Website
Website adalah kumpulan dari halaman - halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web ( WWW ) di dalam Internet. Sebuah halaman web biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format HTML ( Hyper Text Markup Language ), yang selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu sebuah protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser.dan Website atau situs dapat juga diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
2.2.2        Pemograman Web
Pemrograman web diambil dari 2 suku kata yaitu pemrograman dan web. Pemrograman diartikan proses, cara, perbuatan program  Definisi Web : jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks dan grafik dan suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext. Orang banyak mengenal web dengan istilah WWW (world wide web), World Wide Web adalah layanan internet yang paling populer saat ini internet mulai dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan WWW.
WWW adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi. WWW berjalan dengan protokol HyperText Transfer Protokol (HTTP). Halaman Web merupakan file teks murni (plain text) yang berisi sintaks-sintaks HTML yang dapat dibuka/ dilihat/ diterjemahkan dengan Internet Browser . Sintaks HTML mampu memuat konten text, gambar, audio, video dan animasi. Kini internet identik dengan web, karena kepopuleran web sebagai standar interface pada lanyanan-layanan yang ada di internet, dari awalnya sebagai penyedia informasi, ini digunakan juga untuk komunikasi dari email sampai dengan chatting, sampai dengan melakukan transaksi bisnis (commerce). (wikipedia).



2.3      Sistem Informasi Web
Menurut George M. Scoot (1986) yang dikutip oleh Jogiyanto HM (1995) adalah :
Sistem informasi  adalah kumpulan dan sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi semua tingkatan manajemen dalam kegiatan perencanaan pengendalian.

2.3.1  Data
Data menurut buku Drs. S. Pamuji, M.P.A. yang berjudul Teori Sistem dan Penerapannya dalam Management adalah sebagai berikut :
Data adalah fakta-fakta yang dipergunakan sebagai suatu dasar untuk penghitungan dan pengolahan meliputi serangkaian tindakan-tindakan atau operasi-operasi yang secara pasti mengarah pada suatu akhir.
Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf, symbol-simbol khusus atau gabungan darinya. Data diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih mempunyai arti. Sehingga sifat data berubah menjadi lebih berguna dan untuk analisis dan pengambilan suatu keputusan.
2.3.2 Pengolahan Data
Pengolahan data adalah segala macam pengolahan terhadap data untuk membuat data itu berguna sesuai dengan hasil yang diinginkan, sehingga dapat segera diperbaiki, dengan selalu mempertimbangkan waktu yang diperlukan dalam pengolahan.
2.3.3 Sistem Pengolahan Data
Sistem pengolahan data adalah suatu satu kesatuan pengolahan data yang saling berhubungan dan bekerja sama yang terdiri dari peralatan, tenaga pelaksanaan, prosedur data dan pengolahan data. Sistem pengolahan data yang digunakan komputer tersebut meliputi tahap-tahap, yaitu sebagai berikut

a.             Organizing Recording (Perekaman)
Data yang diperoleh dari luar yang bisa berupa suatu formulir yang kemudian dimasukkan ke dalam sistem komputer.
b.             Classifing (Klasifikasi)
Mengadakan klasifikasi terhadap data yang dimasukkan kedalam komputer yang akan diolah dan dikelompokkan menurut karakteristik data tersebut.
c.             Sorting (Pengaturan)
Proses dimana data-data tersebut diatur menurut urutan baik menurut abjad ataupun huruf.
d.            Calculating (Perhitungan)
Proses manipulasi data uang menggunakan perhitungan.
e.              Summarizing (Penyusunan Laporan)
Data-data yang telah diolah kemudian disusun kembali menjadi sebuah laporan, laporan tersebut berupa rekapitulasi sesuai dengan keinginan pemakai/pencari informasi.
f.              Storing (Penyimpanan)
Setelah dibuat laporan maka laporan tersebut kemudian disimpan dalam suatu file dan apabila diperlukan dapat dibuka kembali.
g.            Retreiving (Pencarian)
Data yang sudah disimpan kedalam file dapat dicari dengan mudah dengan cara pemakaian program tertentu.
h.            Reproducing (Penggandaan)
Data yang dimiliki harus digandakan untuk di arsip, penggandaan dapat dilakukan dengan cara memfotokopi data tersebut.
i.              Communicating (Pembagian)
Data yang sudah digandakan biasanya dibagikan kepada pihak yang berkompeten untuk dijadikan acuan pengolahan data atau yang lainnya (Longkutoy. JJ:2000 : 17).
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1  Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian ini akan dilaksanakan di PT Capella Dinamik Nusantara Lampriet yang beralamat di Jln. Teuku Daud bereuh Banda Aceh.
3.2 Perangkat Keras yang digunakan
Adapun jenis-jenis perangkat keras yang digunakan yaitu perangkat-perangkat komputer dan jaringan seperti nic/lan atau modem.
3.3 Perangkat lunak yang digunakan
Adapun jenis perangkat lunak yang digunakan seperti aplikasi microsoft office, aplikasi browsing.
3.4 Metode Penelitian
3.4.1 Analisa Kebutuhan
              Sistem informasi berbasis web yang diberikan kepada konsumen guna mememudahkan konsemen mengaakses dimanapun mereka berada tanpa harus datang ke showroom, dalam : mendapatkan informasi mengenai CDN dan alamat sales office, informasi mengenai produk yang diinginkan, harga terbaru, diskond yang dipromosikan, unit yang tersedia, unit terbaru yang akan masuk kepasaran, iven-iven yang akan diakan, berita-berita, majalah, dan rubrik seputar sepeda motor honda. Dan fungsi data juga tersedia sebagai tempat penyimpanan foto-foto kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh CDN.
3.4.2 Acses
Alamat web yang diberikan untuk sekarang masih sedikit terlalu sulit untuk di acses melalui smartphone.
3.4.3 konten yang disediakan
Untuk konten-konten yang disediakan masih banyak kekurangannya.
3.5 Metode Penganalisaan Data
3.5.1 Metode Deskriptif
            Data yang diproleh dari prusahaan dianalisi dengan metode deskriptif yaitu suatu metode dimana data dikumpulkan, disusun, dianalis sehingga memberikan keterangan yang lengkap bagi masalah yang dihadapi.
3.5.2 Metode Statistik Deskriftif
            Yaitu data yang diproleh dari hasil observasi kemudian ditampung pada instrumen pengumpulan data, dimana isian dari hasil observasi tersebut diukur dengan menggunakan skala interval yaitu :
Sangat Tepat      = 5
Tepat                 = 4
Cukup Tepat      = 3
Kurang Tepat     = 2
Tidak Tepat       = 1
Yang menjadi responden dalam observasi adalah bagian penjualan dan konsumen sendiri.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar