BAB I
PENDAHULUAN
1.
LATAR BELAKANG
Perkembangan
zaman yang pesat menuntut perusahaan yang ada saat ini harus memiliki
keunggulan dalam menjalankan proses bisnisnya agar tetap bertahan dalam dunia
bisnis, oleh karena itu saat ini banyak perusahaan yang mulai memanfaatkan
sistem dan teknologi informasi sebagai komponen utama dalam mencapai keunggulan
dalam berkompetisi dalam bisnis. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya
menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi
dalam lingkungan kerja. Sistem informasi manajemen menitik beratkan pada
informasi untuk suatu keputusan terstruktur atau informasi yang dapat
diantisipasi. Hal tersebut mungkin tampak sederhana, tetapi sebenarnya
menyediakan informasi untuk membantu manajer-manajer dalam membuat dan
memutuskan keputusan-keputusan terkait pekerjaan yang sangat sulit dan
kompleks. Sistem informasi manajemen memainkan peranan penting dalam penyusunan
rencana strategis, pembuatan keputusan, dan pengontrolan kegiatan-kegiatan
untuk dapat mengukur tingkat keberhasilannya.
Perencanaan
strategi sistem dan teknologi informasi adalah gabungan dari aktivitas
pengembangan sistem dan teknologi informasi serta perencanaan strategi bisnis
sehingga menghasilkan perpaduan yang sangat menguntungkan untuk meningkatkan
proses bisnis dan kegiatan secara keseluruhan dari perusahaan tersebut. Dengan
penerapan sistem dan teknologi informasi yang baik, maka akan menghasilkan
informasi yang tepat dan cepat, sehingga akan membantu para manajer dalam memasarkan
produk dan menentukan strategi-strategi bisnis yang tepat dan cepat
untuk mencapai visi dan misi perusahaan dengan cara menyediakan
informasi-informasi yang dibutuhkan
Dari
semua pengembangan teknologi sistem informasi dewasa ini, satu sistem informasi
yang didesain untuk mendukung keseluruhan unit fungsional dari perusahaan
adalah penggunaan Sistem Informasi Oprasional Perusahaan berbasis Internet di
PT. CDN(Capella Dinamik Nusantara). Sistem Informasi oprasional perusahaan
berbasis internet adalah salah satu jenis sistem informasi yang menggunakan
jaringan Local Area Network yang dapat digunakan membantu pengolahan data yang
tepat dan efektif.
Dari
hasil pengamatan di Capella Dinamik Nusantara, dengan adanya sistem informasi
berbasis web ini dapat disimpulkan bahwa perusahaan ini harus bisa menerapkan
sistem informasi opreasional perusahaan yang mendukung pengelolahan sumberdaya
manusia, aktifitas-aktifitas pekerjaan agar lebih bauk efektif dan saling
terintragasi, dan untuk mengahasilkan produkifitas yang baik untuk mencapai
tujuan perusahaan.
PT
Astra Honda Motor adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang perakitan
dan disrtribusi sepeda motor dengan merek Honda. Sistem informasi oprasional
perusahaan berbasis internet terdapat fungsi untuk menunjang kinerja para
karyawannya dalam penjualan yaitu meliputi : fungsi informasi, fungsi komunikasi,
fungsi pembelajaran, fungsi interface link.
CDN
sendiri juga memiliki sistem informasi berbasis web untuk penjualan dengan
mememudahkan konsemen mengaakses dimanapun mereka berada tanpa harus datang ke
showroom, dalam : mendapatkan informasi mengenai CDN dan alamat sales office,
informasi mengenai produk yang diinginkan, harga terbaru, diskond yang
dipromosikan, unit yang tersedia, unit terbaru yang akan masuk kepasaran,
iven-iven yang akan diakan, berita-berita, majalah, dan rubrik seputar sepeda
motor honda. Dan fungsi data juga tersedia sebagai tempat penyimpanan data-data
peusahaan dan foto-foto kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh CDN.
Berdasarkan
uraian tersebut maka penulis tertarik dan termotivasi untuk menganalisa sistem
informasi tersebut sebagai bahan penelitian dalam TA ini yang berjudul “EVALUASI SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB PADA
PT CAPELLA DINAMIK NUSANTARA”.
1.2 Identifikasi
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah diatas, Penulis mencoba mengindentifikasi masalah berupa
manfaat sistem informasi.
1.2.1 Rumusan
Masalah :
1.
Sejauh
mana fungsi Web pada perusahaan PT.CDN
dan untuk konsumen
2.
Bagaimana
penggunaan web ini terhadap proses oprasional penjualan sepeda motor pada
PT.CDN
3.
Seberapa
banyak konsumen yang mengujungi web tersebut dibandaingkan dengan konsume yang
datang langsung ke sales office untuk mendapatkan informasi mengenai sepeda
motor yang diinginkan.
1.2.2 Batasan
Masalah
Agar
dalam penelitian TA ini tidak terlalu luas ruang lingkup objeknya maka penulis
membatasi penelitian ini hanya kepada aplikasi dalam proses penyebaran
informasi atau dokumen penting dari perusahaan ke karyawan atau sebaliknya.
1.3 Maksud
dan Tujuan Penelitian
Maksud
dari penyusunan dan penulisan TA ini adalah untuk memperoleh data dan infomasi
mengenai penggunaan web pada perusahaan PT.CDN kinerja karyawan dalam mencapai
target penjualan dan bagi konsumen dalam mendapatkan informasi yang diperlukan,
serta menerapkan ilmu yang telah penulis proleh.
Sedangkan
tujuan dari penulisan TA ini adalah mengetahui sejauh mana peranan web pada
Perusahaan PT.CDN terhadap karyawan dan konsumen.
1.4
Kerangak Pemikiran dan hipotesis
Dalam rangka
mewujudkan peran sisitem inforamsi internet secara optimal kepada karyawan
dengan kualitas dan kuantitas serta pelayanan yang memadai, maka tuntutan untuk
meningkatkan profesionalisme manajemen tidak dapat diellakan.
Asumsi bahwa
berdampak terhadap produktifitas kinerja karyawan pada CDN (capella Dinamik
Nusantara) dapat dilihat dan didasarkan dari proses dan hasil kerja karyawan
dalam menggunakan sistem informasi perusahaan berbasis internet dan dapat dilihat dari banyaknya konsumen
yang berpartisipasi pada sistem informasi berbasis internet yang disediakan.
1.4.1
Hipotesis
Menurut
Umi Narimawati (2007:59), yang
dimaksud dengan Hipotesis adalah merupakan ungkapan berupa jawaban sementara atas masalah
penelitian yang diturunkan dari kerangka pemikiran.
Berdasarkan uraian kerangka
pemikiran diatas, maka peneliti menarik hipotesis bahwa “internet sangat
berperan penting atau berguna terhadap produktifitas kinerja karyawan dan
konsumen”.
1.7. Lokasi dan Jadwal Penelitian
Penulis
melakukan penelitian TA pada Capella Dinamik Nusantara yang beralamat di Jln.
Teuku Daud bereuh Banda Aceh.
BAB II
TINJAUAN KEPUSTAKAAN
2.1 Evaluasi Sistem Informasi
2.1.1 Pengertian Sistem
Menurut Prof.Dr.Mr.S. Prajudi Atmosudirdjo (1979) yang dikutip oleh Drs.
Moekijat (1986) sistem adalah sebagai berikut :
Sistem adalah setiap
sesuatu yang terdiri atas obyek-obyek, atau unsur-unsur, atau komponen-komponen
yang bertata-kaitan dan bertata-hubungan satu sama lain sedemikian rupa
sehingga unsur-unsur tersebut merupakan suatu kesatuan pemrosesan atau
pengolahan tertentu.
Dalam Kamus Administrasi Perkantoran yang dikutip oleh The
Liang Gie (1979) adalah :
Sistem adalah suatu rangkaian prosedur yang telah merupakan suatu kebulatan
untuk melaksanakan sesuatu fungsi.
Sistem berdasarkan The Encyclopedia of Management adalah
suatu susunan yang teratur dari kegiatan-kegiatan yang saling tergantung dan
prosedur-prosedur yang berhubungan, yang melaksanakan dan memudahkan
pelaksanaan kegiatan utama dari suatu organisasi.
Jadi, sistem adalah suatu komponen-komponen jaringan kerja yang saling
berkaitan, berhubungan, dan bergantung satu sama lain yang melaksanakan dan
memudahkan pelaksanaan kegiatan utama dari suatu organisasi.
2. 1.2 Pengertian
Informasi
Menurut Gordon B. Davis yang dikutip oleh Moekijat (1986) adalah sebagai
berikut :
Informasi adalah data
yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan
mempunyai nilai yang nyata atau yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan
yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang.
Informasi menurut George
R. Terry (1962) yang dikutip oleh Moekijat (1986) adalah sebagai berikut :
Informasi adalah data
yang penting yang memberikan pengetahuan yang berguna.
Jadi, informasi adalah
data penting yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang memberikan pengetahuan
yang berguna.
Kualitas informasi yang
baik (Jogiyanto HM,1995:8) adalah :
a. Akurat
Informasi harus bebas
dari kesalahan dan tidak bisa atau menyesatkan serta harus menjamin kemungkinan
banyak terjadi gangguan atau noise yang dapat mengubah
informasi tersebut.
b. Tepat Waktu
Informasi yang datang
pada penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah using tidak akan
mempunyai nilai karena informasi merupakan landasan dalam pengambilan
keputusan. Jika penambilan keputusan terlambat maka akan berakibat fatal
terhadap organisasi.
c. Relevan
Informasi tersebut
sangat mempunyai manfaat bagi yang memerlukan. Relevansi informasi untuk
tiap-tiap orang atau bagian yang satu dengan yang lainnya adalah berbeda.
2.1.3 Sistem Informasi
Sistem informasi didefinisikan oleh Robert A. Leicth dan Roscoe Davis
(1983) yang dikutip oleh Jogiyanto HM (1995) sebagai berikut :
Sistem informasi adalah
suatu sistem di dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan
transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi
dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan
laporan-laporan yang diperlukan.
Sistem informasi
terdiri dari 5 sumber daya yang dikenal sebagai komponen sisitem informasi
(Agus Mulyanto,2009:31) yaitu:
a.
Manusia
Manusia mengambil peranan penting bagi
sistem informasi. Manusia dibutuhkan untuk mengoprasikan sistem informasi.
Sumber daya manusia dapat dibedakan menjadi dua yaitu penggunaaan akhir dan
pakar sistem informasi.
b.
Perangkat
Lunak(software)
Program
merupakan sekumpulan intruksi/perintah dari pengguna sumber data sedangkan
prosedur dalam sekumpulan aturan yang digunakan untuk mewujudkan proses
pengolahan informasi dan mengoprasikan perintah bagi pengguna informasi.
c.
Data
Data
dapat berupa teks, gambar, audio maupun video. Sumber data bukan hanya sekedar
bahan baku untuk memasukan sebuah informas sistem informasi manajemen melainkan
sebagai dasar membentuk sumberdaya organisasi.
d.
Jaringan
Media
komunikasi yang menghubungkan komputer, pemrosesan informasi, dan peralatan
lainnya serta dikendalikan melalui software komunikasi, sumber daya jarinagn
dapat berupa kabel nic/lan, seluler, modem,dll.
Kelima
komponen tersebut memainkan peranan ayang sangat penting dalam sesuatu sistem
informasi manajemen.
2.1.4 Manajemen
Manajemen dapat
dipandang baik sebagai proses maupun sebagai orang dikatakan bahwa manajemen
adalah :
a. Proses penggunaan sumber daya efektif
untuk mencapai sasaran.
b. Pejabat pimpinan yang bertanggung jawab
atas jalannya instansi atau organisasi.
2.2 SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB
Waktu
merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam pengolahan informasi,
maka harus digunakan alat-alat untuk mempercepat jalannya pengolahan informasi
tersebut, yang tentunya memerlukan suatu prosedur pengolahan, serta para staf
yang mampu melaksanakan seluruh tahapan pengolahan informasi, mulai dari
perekaman data, pengumpulan data, pemasukan data, perhitungan-perhitungan
sampai pada pembuatan laporan/informasi yang diinginkan, sehingga bisa
menghasilakan data yang informative. Semakin sedikit waktu yang digunakan dalam
pengolahan data maka akan semakin efisien, baik dalam hal waktu, biaya maupun
tenaga.
2.2.1
Pengertian Web/Website
Website
adalah kumpulan dari halaman - halaman situs, yang terangkum dalam sebuah
domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web ( WWW ) di
dalam Internet. Sebuah halaman web biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam
format HTML ( Hyper Text Markup Language ), yang selalu bisa diakses melalui
HTTP, yaitu sebuah protokol yang menyampaikan informasi dari server website
untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser.dan Website atau
situs dapat juga diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi
data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau
gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk
satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan
dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
2.2.2
Pemograman Web
Pemrograman web diambil dari 2 suku kata yaitu pemrograman dan
web. Pemrograman diartikan proses, cara, perbuatan program Definisi Web : jaringan komputer
yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks dan grafik dan suara
dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext. Orang banyak mengenal web dengan istilah WWW (world wide web), World
Wide Web adalah layanan internet yang paling populer saat ini internet mulai
dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan WWW.
WWW adalah halaman-halaman website yang dapat
saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra
belantara informasi. WWW berjalan dengan protokol HyperText Transfer Protokol
(HTTP). Halaman Web merupakan file teks murni (plain text) yang berisi
sintaks-sintaks HTML yang dapat dibuka/ dilihat/ diterjemahkan dengan Internet
Browser . Sintaks HTML mampu memuat konten text, gambar, audio, video dan
animasi. Kini internet identik dengan web, karena kepopuleran web sebagai
standar interface pada lanyanan-layanan yang ada di internet, dari awalnya
sebagai penyedia informasi, ini digunakan juga untuk komunikasi dari email sampai
dengan chatting, sampai dengan melakukan transaksi bisnis (commerce).
(wikipedia).
2.3
Sistem Informasi Web
Menurut George M. Scoot (1986) yang dikutip oleh Jogiyanto HM (1995) adalah
:
Sistem informasi adalah kumpulan dan sistem-sistem informasi
yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menghasilkan
informasi yang berguna bagi semua tingkatan manajemen dalam kegiatan
perencanaan pengendalian.
2.3.1 Data
Data menurut buku Drs. S. Pamuji, M.P.A. yang berjudul Teori Sistem
dan Penerapannya dalam Management adalah sebagai berikut :
Data adalah fakta-fakta
yang dipergunakan sebagai suatu dasar untuk penghitungan dan pengolahan
meliputi serangkaian tindakan-tindakan atau operasi-operasi yang secara pasti
mengarah pada suatu akhir.
Data dapat berupa
angka-angka, huruf-huruf, symbol-simbol khusus atau gabungan darinya. Data
diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih mempunyai arti. Sehingga
sifat data berubah menjadi lebih berguna dan untuk analisis dan pengambilan
suatu keputusan.
2.3.2 Pengolahan Data
Pengolahan data adalah segala macam pengolahan terhadap data untuk membuat
data itu berguna sesuai dengan hasil yang diinginkan, sehingga dapat segera
diperbaiki, dengan selalu mempertimbangkan waktu yang diperlukan dalam
pengolahan.
2.3.3 Sistem Pengolahan
Data
Sistem pengolahan data adalah suatu satu kesatuan pengolahan data yang
saling berhubungan dan bekerja sama yang terdiri dari peralatan, tenaga
pelaksanaan, prosedur data dan pengolahan data. Sistem pengolahan data yang
digunakan komputer tersebut meliputi tahap-tahap, yaitu sebagai berikut
a.
Organizing Recording (Perekaman)
Data yang diperoleh dari
luar yang bisa berupa suatu formulir yang kemudian dimasukkan ke dalam sistem
komputer.
b.
Classifing (Klasifikasi)
Mengadakan klasifikasi
terhadap data yang dimasukkan kedalam komputer yang akan diolah dan
dikelompokkan menurut karakteristik data tersebut.
c.
Sorting (Pengaturan)
Proses dimana data-data
tersebut diatur menurut urutan baik menurut abjad ataupun huruf.
d.
Calculating (Perhitungan)
Proses manipulasi data
uang menggunakan perhitungan.
e.
Summarizing (Penyusunan Laporan)
Data-data yang telah
diolah kemudian disusun kembali menjadi sebuah laporan, laporan tersebut berupa
rekapitulasi sesuai dengan keinginan pemakai/pencari informasi.
f.
Storing (Penyimpanan)
Setelah dibuat laporan
maka laporan tersebut kemudian disimpan dalam suatu file dan apabila diperlukan
dapat dibuka kembali.
g.
Retreiving (Pencarian)
Data yang sudah disimpan
kedalam file dapat dicari dengan mudah dengan cara pemakaian program tertentu.
h.
Reproducing (Penggandaan)
Data yang dimiliki harus
digandakan untuk di arsip, penggandaan dapat dilakukan dengan cara memfotokopi
data tersebut.
i.
Communicating (Pembagian)
Data yang sudah
digandakan biasanya dibagikan kepada pihak yang berkompeten untuk dijadikan
acuan pengolahan data atau yang lainnya (Longkutoy. JJ:2000 : 17).
BAB
III
METODOLOGI
PENELITIAN
3.1 Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian ini akan dilaksanakan
di PT Capella Dinamik Nusantara Lampriet yang beralamat di Jln. Teuku Daud
bereuh Banda Aceh.
3.2
Perangkat Keras yang digunakan
Adapun jenis-jenis perangkat
keras yang digunakan yaitu perangkat-perangkat komputer dan jaringan seperti
nic/lan atau modem.
3.3
Perangkat lunak yang digunakan
Adapun jenis perangkat lunak yang
digunakan seperti aplikasi microsoft office, aplikasi browsing.
3.4
Metode Penelitian
3.4.1
Analisa Kebutuhan
Sistem
informasi berbasis web yang diberikan kepada konsumen guna mememudahkan
konsemen mengaakses dimanapun mereka berada tanpa harus datang ke showroom,
dalam : mendapatkan informasi mengenai CDN dan alamat sales office, informasi
mengenai produk yang diinginkan, harga terbaru, diskond yang dipromosikan, unit
yang tersedia, unit terbaru yang akan masuk kepasaran, iven-iven yang akan
diakan, berita-berita, majalah, dan rubrik seputar sepeda motor honda. Dan
fungsi data juga tersedia sebagai tempat penyimpanan foto-foto
kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh CDN.
3.4.2
Acses
Alamat web yang diberikan untuk
sekarang masih sedikit terlalu sulit untuk di acses melalui smartphone.
3.4.3
konten yang disediakan
Untuk konten-konten yang
disediakan masih banyak kekurangannya.
3.5 Metode
Penganalisaan Data
3.5.1 Metode
Deskriptif
Data yang diproleh dari prusahaan dianalisi dengan
metode deskriptif yaitu suatu metode dimana data dikumpulkan, disusun, dianalis
sehingga memberikan keterangan yang lengkap bagi masalah yang dihadapi.
3.5.2 Metode
Statistik Deskriftif
Yaitu data yang diproleh dari hasil
observasi kemudian ditampung pada instrumen pengumpulan data, dimana isian dari
hasil observasi tersebut diukur dengan menggunakan skala interval yaitu :
Sangat Tepat = 5
Tepat = 4
Cukup Tepat = 3
Kurang Tepat = 2
Tidak Tepat = 1
Yang menjadi responden dalam
observasi adalah bagian penjualan dan konsumen sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar