APLIKASI PERPUSTAKAAN PADA SEKOLAH
Project Initiation
Disusun
Imam Tafasyi (11123007)
Oktariani Siregar (11123004)
Ita Darliani (11123003)
Zulfikri (11123005)
Reza ghio helfando (121020300004)
Adi Syahputra (1210202000005)
Tanggal :
17 Oktober 2012
Revisi Terakhir :
-
Referensi Dokumen : -
Versi :
1.0
Last Versi :
2.0
DAFTAR ISI
INFO UMUM
DOKUMEN KONTROL
Daftar
Perbaikan Dokumen
Tanggal
|
Penulis
|
Versi
|
Referensi
|
|
|
|
|
16-10-2012
|
Ghio
|
1.0
|
Surat penugasan dari Direktur
|
17-10-2012
|
Imam
|
2.0
|
Pengecekan Data Buku
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Nama
|
Jabatan
|
Tanda
Tangan
|
|
|
|
PT. Perpustakaan
|
Pemilik
Proyek
|
|
Nama
Proyek
|
:
|
Aplikasi system
perpustakaan di sekolah
|
|
Pemilik
Proyek
|
:
|
PT. Perpustakaan
|
|
Manajer
Proyek
|
:
|
Jhon smith
|
|
Global
Proyek
|
|
|
|
|
·
Deskripsi
Singkat
|
:
|
|
|
·
Predecessor
|
:
|
|
|
·
Successor
|
:
|
|
Perpustakaan
tak bisa dipisahkan dari pembelajaran siswa-siswi di sekolah dalam mencari ilmu
pengetahuan. Fasilitas yang disediakan sekolah ini, sangatlah bermanfaat bagi
semua siswa apabila bisa memanfaatkannya secara maksimal. Koleksi buku pada
perpustakaan hendaknya selalu diperbaharui pada setiap periodenya sesuai dengan
penerapan sistem pendidikan yang diterapkan oleh pemerintah. Namun, tidak semua
perpustakaan menerapkan teknologi dalam proses kegiatan perpustakaan seperti
peminjaman buku, pendaftaran anggota, pencarian buku dan lain-lain. Hal ini membuat
kegiatan perpustakaan dilakukan secara manual atau menggunakan pembukuan.
Dengan menganalisa gejala-gejala permasalahan
tersebut, kami dapat menarik kesimpulan mengenai suatu peluang pengembangan
sebuah aplikasi perpustakaan yang diterapkan pada sekolah ini. Aplikasi
tersebut berbentuk web yang berisi kegiatan-kegiatan perpustakaan yang
sebelumnya dilakukan secara manual menjadi sebuah sistem terkomputerisasi,
contoh seperti pengelolaan daftar buku yang dipunya oleh perpustakaan dalam
bentuk database. Aplikasi ini dibangun dengan tampilan user interface yang user
friendly, sehingga bagi pengguna yaitu pegawai perpustakaan bisa menggunakannya
dengan mudah. Tampilan dibuat menggunakan Macromedia Dreamweaver 8 dan
Macromedia Flash 8, Database menggunakan MySql dan yang terpenting coding
pemrograman menggunakan PHP.
Pengembangan sistem ini dimaksudkan untuk
meningkatkan kinerja dari perpustakan dan mendukung sekolah yang tidak hanya
berbasis internasional, namun menjadi sekolah negeri yang berbasis teknologi
informasi kedepannya.
Berikut ini
adalah faktor-faktor yang mendukung keberhasilan proyek dan factor- factor yang
bisa menghambat proyek :
·
Akses internet
·
Portal
·
Ruang ajar
yang dilengkapi Multimedia
·
Akses
WIFI/Koneksi Wireless
Berikut
ini adalah keuntungan – keuntungan yang diharapkan dari proyek yang akan
dilaksanakan :
1.
Memberikan
pelayanan peminjaman dan pengembalian buku lebih cepat dari sebelum
sistem ini dibuat.
2.
Proses
pemeliharan data dapat dilakukan dengan pengarsipan melalui media komputer dan
proses pemeliharaannya jauh lebih mudah jika dilakukan dengan
komputerisasi
3.
Meningkatkan
pelayanan perpustakaan kepada siswa- Memudahkan siswa-siswi untuk pendaftaraan
anggota perpustakaan, peminjaman buku dan pengembalian buku.
4.
Mengganti
sistem manual ke dalam sistem baru yang lebih terkomputerisasi.
5.
Mempermudah
untuk pencarian buku.
6.
Pemeliharaan
data lebih cepat dan mudah dilakukan.
E.
Teknologi
Teknologi yang digunakan untuk membangun aplikasi ini secara garis besar dapat dibagi kedalam
beberapa bagian berikut ini :
1. Operating System :
Windows 7
2. Offline Server :
Apache Xampp
3. Programming Language : PHP java delphi
Berikut
ini adalah deskripsi proyek secara umum (high level) yang meliputi :
a.
Tujuan
Proyek
Tujuan proyek ini adalah membangun sistem yang dapat
memberikan informasi, dan untuk meningkatkan kinerja dalam bidang
perpustakaan.
b.
Hasil yang Diinginkan
Aplikasi yang di hasilkan
:
1.
Modul daftar buku yang tersedia
2.
Modul Pendaftaran anggota
3.
Modul peminjaman buku dan pengembalian buku
4.
Modul pengorganisasian data
5.
Modul pemeliharaan data buku
c.
Jadwal
Proyek dikerjakan selama
kurun waktu 200 hari, yaitu meliputi :
1.
Pekerjaan pembangunan (pembuatan aplikasi) dan segala kegiatan pendukung.
2.
Perawatan selama kurun waktu tertentu.
3.
Pertemuan (meeting awal, meeting reguler tim proyek dan meeting
penutupan).
d.
Perkiraan
Biaya
Biaya yang
di butuhkan untuk membangun sistem ini adalah Rp. 29.450.000,- (Dua puluh Sembilan juta empat
ratus lima puluh ribu rupiah).
e.
Estimasi Sumber daya yang diperlukan
·
Sumber daya manusia : 3 orang anggota tim proyek (1 orang
bisa merangkap pekerjaan lain di waktu yang lain) + 1 orang manager proyek.
·
Komputer server dan komputer client sudah tersedia
(tidak termasuk dalam anggaran biaya).
Cantumkan
aktivitas-aktivitas apa saja yang akan dikerjakan untuk memenuhi fase inisiasi dan fase perencanaan.
Aktivitas yang dimaksudkan
disini adalah aktivitas global saja.
Tabel 1.1
No.
|
Deskripsi Aktivitas
|
Jumlah Hari
|
Estimasi Biaya
|
1
|
Analis kebutuhan
|
10
|
5.000.000
|
2
|
Desain Fungsi
|
10
|
3.000.000
|
3
|
Pemograman
|
30
|
3.200.000
|
4
|
Pengujian
|
20
|
1.000.000
|
5
|
Instalasi
|
10
|
2.500.000
|
6
|
Pelatihan
|
10
|
2.500.000
|
7
|
Pemeliharaan
|
30
|
2.000.000
|
8
|
Dokumentasi
|
30
|
1.000.000
|
|
TOTAL
|
150 hari
|
20.200.000
|
Table 1.2
No.
|
Deskripsi Aktivitas
|
Estimasi Biaya
|
1
|
Macromedia dreamweaver
|
1.500.000
|
2
|
Macromedia flash 8
|
1.500.000
|
3
|
My SQL Server
|
FREE
|
4
|
Domain & Hosting
|
200.000
|
5
|
1 Paket Komputer
|
4.800.000
|
6
|
Modem Eksternal
|
500.000
|
7
|
1 Printer
|
750.000
|
|
TOTAL
|
9.250.000
|
1.3
Total
keseluruhan
20.200.000
9.250.000+
29.450.000
9.250.000+
29.450.000
H. Batasan
Berikut ini adalah batasan-batasan proyek
secara umum :
·
Besarnya dana yang disediakan untuk pembuatan aplikasi perpustakaan sekolah
adalah tidak lebih dari Rp. 50.000.000,- (Lima puluh juta rupiah).
·
Semua proyek aplikasi Perpustakaan yang direncanakan harus selesai dan dioperasikan
selambat-lambatnya 7 bulan dari sejak waktu pengusulan aplikasi ini.
Berikut ini
adalah asumsi – asumsi proyek secara umum :
·
Human resource atau sumber daya manusia sudah
tersedia sesuai dengan spesifikasi proyek yang akan dikerjakan.
·
Anggota tim proyek adalah SDM profesional yang
disewa untuk keperluan proyek.
·
Manager proyek adalah personil dari dalam perusahaan
itu sendiri.
·
Struktur organisasi sudah ditetapkan.
·
Pemilik proyek dan manajer proyek sudah
ditunjuk/ditetapkan beserta anggota tim proyek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar