Rabu, 26 Maret 2014

PROYEK PEMBANGUNAN APLIKASI PERPUSTAKAAN PADA SEKOLAH

APLIKASI PERPUSTAKAAN PADA SEKOLAH



Project Initiation
Disusun
Imam Tafasyi (11123007)
Oktariani Siregar (11123004)
Ita Darliani (11123003)
Zulfikri (11123005)
Reza ghio helfando (121020300004)
Adi Syahputra (1210202000005)





Tanggal                          : 17 Oktober 2012
Revisi Terakhir              : -
Referensi Dokumen       : -
Versi                              : 1.0
Last Versi                      : 2.0

 



DAFTAR ISI

INFO UMUM





DOKUMEN KONTROL

Daftar Perbaikan Dokumen

Tanggal
Penulis
Versi
Referensi




16-10-2012

Ghio

1.0
Surat penugasan dari Direktur
17-10-2012

Imam

2.0
Pengecekan Data Buku

 




 




 




Mengetahui

Nama
Jabatan
Tanda Tangan



PT. Perpustakaan
Pemilik Proyek




Nama Proyek
:
Aplikasi system perpustakaan di sekolah
Pemilik Proyek
:
PT. Perpustakaan
Manajer Proyek
:
Jhon smith
Global Proyek



·         Deskripsi Singkat
:


·         Predecessor
:


·         Successor
:







A. Permasalahan
          Perpustakaan tak bisa dipisahkan dari pembelajaran siswa-siswi di sekolah dalam mencari ilmu pengetahuan. Fasilitas yang disediakan sekolah ini, sangatlah bermanfaat bagi semua siswa apabila bisa memanfaatkannya secara maksimal. Koleksi buku pada perpustakaan hendaknya selalu diperbaharui pada setiap periodenya sesuai dengan penerapan sistem pendidikan yang diterapkan oleh pemerintah. Namun, tidak semua perpustakaan menerapkan teknologi dalam proses kegiatan perpustakaan seperti peminjaman buku, pendaftaran anggota, pencarian buku dan lain-lain. Hal ini membuat kegiatan perpustakaan dilakukan secara manual atau menggunakan pembukuan.
Dengan menganalisa gejala-gejala permasalahan tersebut, kami dapat menarik kesimpulan mengenai suatu peluang pengembangan sebuah aplikasi perpustakaan yang diterapkan pada sekolah ini. Aplikasi tersebut berbentuk web yang berisi kegiatan-kegiatan perpustakaan yang sebelumnya dilakukan secara manual menjadi sebuah sistem terkomputerisasi, contoh seperti pengelolaan daftar buku yang dipunya oleh perpustakaan dalam bentuk database. Aplikasi ini dibangun dengan tampilan user interface yang user friendly, sehingga bagi pengguna yaitu pegawai perpustakaan bisa menggunakannya dengan mudah. Tampilan dibuat menggunakan Macromedia Dreamweaver 8 dan Macromedia Flash 8, Database menggunakan MySql dan yang terpenting coding pemrograman menggunakan PHP.
Pengembangan sistem ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja dari perpustakan dan mendukung sekolah yang tidak hanya berbasis internasional, namun menjadi sekolah negeri yang berbasis teknologi informasi kedepannya.

B. Deskripsi Produk / Servis
C. Faktor Penentu Keberhasilan
          Berikut ini adalah faktor-faktor yang mendukung keberhasilan proyek dan factor- factor yang bisa menghambat proyek :
·        Akses internet
·        Portal
·        Ruang ajar yang dilengkapi Multimedia
·        Akses WIFI/Koneksi Wireless
·        Tersedianya laptop siswa
          Berikut ini adalah keuntungan – keuntungan yang diharapkan dari proyek yang akan dilaksanakan :
1.     Memberikan pelayanan peminjaman dan  pengembalian buku lebih cepat dari sebelum sistem ini dibuat.
2.     Proses pemeliharan data dapat dilakukan dengan pengarsipan melalui media komputer dan proses pemeliharaannya jauh lebih mudah jika dilakukan dengan komputerisasi
3.     Meningkatkan pelayanan perpustakaan kepada siswa- Memudahkan siswa-siswi untuk pendaftaraan anggota perpustakaan, peminjaman buku dan pengembalian buku.
4.     Mengganti sistem manual ke dalam sistem baru yang lebih terkomputerisasi.
5.     Mempermudah untuk pencarian buku.
6.     Pemeliharaan data lebih cepat dan mudah dilakukan.

E. Teknologi

Teknologi yang digunakan untuk membangun aplikasi  ini secara garis besar dapat dibagi kedalam beberapa bagian berikut ini :
1.      Operating System           : Windows 7
2.      Offline Server                 : Apache Xampp
3.      Programming Language : PHP java delphi
4.      Database Engine            : Mysql oracle ms acses


F. Deskripsi Proyek     
          Berikut ini adalah deskripsi proyek secara umum (high level) yang meliputi :
a.                               Tujuan Proyek
Tujuan proyek ini adalah membangun sistem yang dapat memberikan informasi, dan untuk meningkatkan kinerja dalam bidang perpustakaan.
b.                               Hasil yang Diinginkan
         Aplikasi yang di hasilkan :
1.     Modul daftar buku yang tersedia
2.     Modul Pendaftaran anggota
3.     Modul peminjaman buku dan pengembalian buku
4.     Modul pengorganisasian data
5.     Modul pemeliharaan data buku

c.                                Jadwal
         Proyek dikerjakan selama kurun waktu 200 hari, yaitu meliputi :
1.     Pekerjaan pembangunan (pembuatan aplikasi) dan segala kegiatan pendukung.
2.     Perawatan selama kurun waktu tertentu.
3.     Pertemuan (meeting awal, meeting reguler tim proyek dan meeting penutupan).


d.                      Perkiraan Biaya
Biaya yang di butuhkan untuk membangun sistem ini adalah Rp.   29.450.000,- (Dua puluh Sembilan juta empat ratus lima puluh ribu rupiah).

e.                                Estimasi Sumber daya yang diperlukan
·     Sumber daya manusia : 3 orang anggota tim proyek (1 orang bisa merangkap pekerjaan lain di waktu yang lain) + 1 orang manager proyek.
·     Komputer server dan komputer client sudah tersedia (tidak termasuk dalam anggaran biaya).
G. Perencanaan Aktivitas Secara Global
Cantumkan aktivitas-aktivitas apa saja yang akan dikerjakan  untuk memenuhi fase inisiasi dan fase perencanaan. Aktivitas yang dimaksudkan disini adalah aktivitas global saja.





Tabel 1.1

No.
Deskripsi Aktivitas
Jumlah Hari
Estimasi Biaya
1
Analis kebutuhan
10
5.000.000
2
Desain Fungsi
10
3.000.000
3
Pemograman
30
3.200.000
4
Pengujian
20
1.000.000
5
Instalasi
10
2.500.000
6
Pelatihan
10
2.500.000
7
Pemeliharaan
30
2.000.000
8
Dokumentasi
30
1.000.000

TOTAL

150 hari
20.200.000

Table 1.2
No.
Deskripsi Aktivitas
Estimasi Biaya
1
Macromedia dreamweaver
1.500.000
2
Macromedia flash 8
1.500.000
3
My SQL Server
FREE
4
Domain & Hosting
200.000
5
1 Paket Komputer
4.800.000
6
Modem Eksternal
   500.000
7
1 Printer
  750.000

TOTAL

9.250.000


1.3                        Total keseluruhan
20.200.000
  9.250.000
29.450.000
H. Batasan
Berikut ini adalah batasan-batasan proyek secara umum :
·        Besarnya dana yang disediakan untuk pembuatan aplikasi perpustakaan sekolah adalah tidak lebih dari Rp. 50.000.000,- (Lima puluh juta rupiah).
·        Semua proyek aplikasi Perpustakaan yang direncanakan harus selesai dan dioperasikan selambat-lambatnya 7 bulan dari sejak waktu pengusulan aplikasi ini.

I. Asumsi
Berikut ini adalah asumsi – asumsi proyek secara umum :
·        Human resource atau sumber daya manusia sudah tersedia sesuai dengan spesifikasi proyek yang akan dikerjakan.
·        Anggota tim proyek adalah SDM profesional yang disewa untuk keperluan proyek.
·        Manager proyek adalah personil dari dalam perusahaan itu sendiri.
·        Struktur organisasi sudah ditetapkan.
·        Pemilik proyek dan manajer proyek sudah ditunjuk/ditetapkan beserta anggota tim proyek.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar